Senin, 14 April 2014

KECERDASAN IMAM ALI AS.

Sore yang berbahagia ini saya akan bercerita tentang seorang yg sangat agung setelah Rasulullah saww yaitu imam ali bin abi thalib as...saya sangat mengagumi amirul mukminin yang satu ini, keberanian,pengetahuan,akhlak yang tidak terlampaui oleh siapapun setelah Nabi saww. Berikut kisahnya ::
Pada suatu hari Imam Ali ibn Abu Thalib r.a. melewati seorang kafir. Imam Ali kemudian memanggilnya, lalu menyuruhnya duduk. Beliau lalu berkata kepadanya, “Kamu tidak percaya akan adanya hari kebangkitan setelah kematian, kamu juga tidak percaya akan adanya hari perhitungan amal di akhirat, sedangkan saya mempercayai semua itu. Benar bukan?”
“Ya,” jawab orang itu.
“Jadi salah seorang di antara kita pasti benar dan yang lain salah?” tanya Imam Ali lagi.
“Betul,” jawabnya.
Imam Ali berkata,”Seandainya yang benar adalah kamu, kemudian kita mati, tentu kita tidak akan mangalami hari kebangkitan dan perhitungan amal; ketika itu saya sama sekali tidak merugi, sedangkan kamu tidak mendapatkan sesuatu apapun. Begitu bukan?”
“Betul,” jawabnya.
“Seandainya saya yang benar, niscaya saya akan sangat beruntung, sedangkan kamu akan benar-benar sangat merugi. Ya tidak?” tambah Imam Ali.
“Ya, betul,” jawab si kafir.
Imam Ali melanjutkan,”Dalam keadaan apapun, saya akan beruntung karena saya mempercayainya, sedangkan kamu selalu rugi, bahkan tidak punya harapan untuk beruntung. Betul begitu?”
“Betul,” tandasnya.
“Karena itu, demi kemaslahatanmu sendiri, tinggalkanlah jalan yang tidak membawamu kepada keberuntungan, dan pada saat yang sama malah membawamu kepada kerugian yang sangat besar. Ikutlah bersamaku mempercayai adanya hari kebangkitan setelah kematian, dan mempercayai adanya hari perhitungan amal di akhirat,” Imam Ali meyakinkan.
Orang kafir itu kemudian pergi untuk berpikir. Sejenak kemudian, dia datang kembali menghadap Imam Ali lalu menyatakan bahwa dirinya masuk Islam.
(Dikutip dari buku Misteri potensi Gaib Manusia karangan Prof. Dr. Ahmad Syauqi Ibrahim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar